Wednesday, October 17, 2012

Peran Wirausaha Dalam Perekonomian

           Tanpa wirausaha sudah pasti perekonomian bisa berhenti, karena wirausahalah yang menggerakan dan mengombinasikan faktor produksi alam, tenaga kerja, dan modal untuk menghasilkan barang dan jasa yang sangat dibutuhkan masyarakat. Dengan demikian, wirausaha memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian. Peran wirausaha tersebut bisa dijabarkan sebagai berikut:

1.Mampu Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi 
  Karena wirausaha mampu menghasilkan barang dan jasa, makawirausaha mampu meningkatkan PDB (Produk Domestik Bruto). ApabilaPDB meningkat berarti pertumbuhan ekonomi juga meningkat.

2. Mampu Meningkatkan Pendapatan Per Kapita
   Apabila wirausaha mampu meningkatkan PDB (Produksi Domestik Bruto) dengan presentase peningkatan yang lebih tinggi dibanding persentase peningkatan jumlah penduduk maka pendapatan per kapita meningkat. Jika pendapatan per kapita meningkat maka kesejahteraan masyarakat atau taraf hidup masyarakat juga meningkat.

3. Mampu Menciptakan Lapangan Kerja 
       Proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa yang dikelola wirausaha pasti membutuhkan tenaga kerja. Dengan demikian, wirausaha telah menciptakan lapangan kerja dan mengurangi pengangguran di masyarakat.

4. Memberikan Kemudahan dan Kenyamanan Hidup
         Berbagai inovasi dan kreasi wirausaha dalam menciptakan produk-produk baru mampu memberikan kemudahan dan kenyamanan hidup bagi manusia. Mesin Cuci, AC, Televisi, Handphone, Kamera, Kapal Pesiar, Jasa Titipan Kilat, Jasa Salon Kecantikan adalah contoh-contoh barang dan jasa yang memberikan kemudahan dan kenyamanan hidup.

5. Mendorong Kemajuan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi)
        Setiap perusahaan besar umumnya memiliki divisi R & D (Research & Development), yakni divisi penelitian dan divisi pengembangan. Divisi ini akan merekrut dan membiayai  penelitian yang dilakukan ilmuwan, pakar dan sejumlah ahli tertentu untuk mengembangkan produk perusahaan. Sebagai bukti, dulu handphone hanya bisa digunakan untuk menelepon. Sekarang dengan ukuran yang lebih kecil, handphone bisa memberikan berbagai layanan, seperti kirim dan terima pesan, kirim dan terima gambar, merekam gambar, radio, dan lain-lain.

6. Meningatkan Penerimaan Negara dari Sektor Pajak
         Dengan adanya wirausaha, penerimaan negara di sektor pajak meningkat. Pada umumnya wirausaha akan membayar pajak penghasilan, pajak perseroan (bila perusahaannya berbentuk PT), pajak ekspor (bila wirausaha mampu mengekspor produksnya), pajk penjualan (PPn), serta pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM)
           Mengingat sangat pentingnya peran wirausaha, pemerintah Indonesia berusaha meningkatkan jumlah wirausaha. Pemerintah telah merencanakan untuk membentuk kurang lebih tujuh juta pengusaha kecil yang mandiri dan berdaya saing tinggi. Serta meningkatkan status 50.000 pengusaha kecil menjadi pengusaha menengah.       
 

No comments:

Post a Comment