Pengertian
Pasar dan Pemasaran
Pasar
adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial
dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk
orang-orang dengan imbalan uang. Sedangkan Pemasaran adalah proses penyusunan
komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang
atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
Jenis-Jenis Pasar
Jenis
pasar menurut bentuk kegiatannya. Menurut dari bentuk kegiatannya pasar dibagi
menjadi 2, yaitu:
1. Pasar
Nyata.
2. Pasar
Abstrak.
Jenis
pasar menurut cara transaksinya. Menurut cara transaksinya, jenis pasar
dibedakan menjadi 2, yaitu:
1. Pasar
Tradisional
2. Pasar
Modern
Jenis –
Jenis Pasar menurut jenis barangnya. Beberapa pasar hanya menjual satu jenis
barang tertentu , misalnya pasar hewan,pasar sayur,pasar buah,pasar ikan dan
daging serta pasar loak.
Jenis –
Jenis Pasar menurut keleluasaan distribusi. Menurut keluasaan distribusinya
barang yang dijual pasar dapat dibedakan menjadi:
1. Pasar
Lokal
2. Pasar
Daerah
3. Pasar
Nasional dan
4. Pasar
Internasional
Macam-macam
Pasar Menurut Bentuk dan Strukturnya. Pasar menurut struktur dibedakan menjadi
empat macam yaitu :
a. Pasar
Persaingan Sempurna
b. Pasar
Persaingan Tidak Sempurna
Konsep-Konsep Inti Pemasaran
Konsep-konsep
inti pemasaran meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas,
nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan
pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan.
Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu.
Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap
kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan Permintaan adalah keinginan
akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk
membelinya.
Manajemen Pemasaran
Manajemen
Pemasaran adalah sebagai analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian
program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan
pertukaran yang menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai
tujuan – tujuan organisasi.
Bauran Pemasaran
Bauran
pemasaran adalah empat komponen dalam pemasaran yang terdiri dari 4P yakni
1. Product
(produk)
2. Price
(harga)
3. Place
(tempat, termasuk juga distribusi)
4. Promotion
(promosi
Karena
pemasaran bukanlah ilmu pasti seperti keuangan, teori bauran pemasaran juga
terus berkembang. Dalam perkembangannya, dikenal juga istilah 7P dimana 3P yang
selanjutnya adalah People (Orang), Physical Evidence (Bukti Fisik), Process
(Proses). Penulis buku Seth Godin, misalnya, juga menawarkan teori P baru yaitu
Purple Cow.
Tujuan Sistem Pemasaran
Ada tiga
alternatif dari sistem pemasaran yaitu :
1. Memaksimumkan
Konsumsi
2. Memaksimumkan
Kepuasan konsumen
3. Memaksimumkan
Mutu Hidup
Pendekatan Dalam Mempelajari
Pemasaran
1. Pendekatan
Seba Fungsi
2. Pendekatan
Serba Lembaga
3. Pendekatan
Serba barang (Pendekatan Organisasi Industri)
4. Pendekatan
Serba Manajemen
5. Pendekatan
Serba Sistem
Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran
http://id.wikipedia.org/wiki/Pasar
http://liquidred.wordpress.com/2011/04/09/jenis-jenis-pasar/
http://majidbsz.wordpress.com/2008/06/30/pengertian-konsep-definisi-pemasaran/
http://ocw.gunadarma.ac.id/course/economics/management-s1/pengantar-bisnis/pemasaran
No comments:
Post a Comment