Monday, October 29, 2012

Pemasaran



Pengertian Pasar dan Pemasaran

              Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Sedangkan Pemasaran adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.

Jenis-Jenis Pasar

Jenis pasar menurut bentuk kegiatannya. Menurut dari bentuk kegiatannya pasar dibagi menjadi 2, yaitu:
1. Pasar Nyata.
2. Pasar Abstrak.

Jenis pasar menurut cara transaksinya. Menurut cara transaksinya, jenis pasar dibedakan menjadi 2, yaitu:
1. Pasar Tradisional
2. Pasar Modern

              Jenis – Jenis Pasar menurut jenis barangnya. Beberapa pasar hanya menjual satu jenis barang tertentu , misalnya pasar hewan,pasar sayur,pasar buah,pasar ikan dan daging serta pasar loak.

              Jenis – Jenis Pasar menurut keleluasaan distribusi. Menurut keluasaan distribusinya barang yang dijual pasar dapat dibedakan menjadi:
1. Pasar Lokal
2. Pasar Daerah
3. Pasar Nasional dan
4. Pasar Internasional

              Macam-macam Pasar Menurut Bentuk dan Strukturnya. Pasar menurut struktur dibedakan menjadi empat macam yaitu :
a. Pasar Persaingan Sempurna
b. Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Konsep-Konsep Inti Pemasaran

              Konsep-konsep inti pemasaran meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.

Manajemen Pemasaran

              Manajemen Pemasaran adalah sebagai analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan – tujuan organisasi.

Bauran Pemasaran

Bauran pemasaran adalah empat komponen dalam pemasaran yang terdiri dari 4P yakni
1. Product (produk)
2. Price (harga)
3. Place (tempat, termasuk juga distribusi)
4. Promotion (promosi

              Karena pemasaran bukanlah ilmu pasti seperti keuangan, teori bauran pemasaran juga terus berkembang. Dalam perkembangannya, dikenal juga istilah 7P dimana 3P yang selanjutnya adalah People (Orang), Physical Evidence (Bukti Fisik), Process (Proses). Penulis buku Seth Godin, misalnya, juga menawarkan teori P baru yaitu Purple Cow.

Tujuan Sistem Pemasaran

Ada tiga alternatif dari sistem pemasaran yaitu :
1. Memaksimumkan Konsumsi
2. Memaksimumkan Kepuasan konsumen
3. Memaksimumkan Mutu Hidup

Pendekatan Dalam Mempelajari Pemasaran

1. Pendekatan Seba Fungsi
2. Pendekatan Serba Lembaga
3. Pendekatan Serba barang (Pendekatan Organisasi Industri)
4. Pendekatan Serba Manajemen
5. Pendekatan Serba Sistem


Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran
http://id.wikipedia.org/wiki/Pasar
http://liquidred.wordpress.com/2011/04/09/jenis-jenis-pasar/
http://majidbsz.wordpress.com/2008/06/30/pengertian-konsep-definisi-pemasaran/
http://ocw.gunadarma.ac.id/course/economics/management-s1/pengantar-bisnis/pemasaran



No comments:

Post a Comment