Wednesday, October 24, 2012

Manajemen dan Organisasi


Manajemen dan Organisasi

Manajemen

              Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.

              Manajemen yang baik haruslah berperan sesuai dengan situasi dan kondisi pada perusahaan atau organisasi. Menajemen yang tidak bisa menjalankan peran sesuai tuntutan perusahaan dapat membawa kegagalan. Berikut ini adalah Peranan Manajemen yang harus diperankan para Manajer :

1. Peran Interpersonal, yaitu hubungan antara manajer dengan orang yang ada di sekelilingnya.
2. Peran Informasi, yaitu peranan dalam mengatur informasi yang dimiliki baik yang berasal dari dalam maupun luar organisasi.
3. Peran Pengambil Keputusan, yaitu peran dalam membuat keputusan baik yang ditentukan sendiri maupun yang dihasilkan bersama pihak lain.

Latar Belakang Sejarah Manajemen

              Banyak kesulitan yang terjadi dalam melacak sejarah manajemen, namun diketahui bahwa ilmu manajemen telah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Hal ini dibuktikan dengan adanya piramida di Mesir. Piramida tersebut dibangun oleh lebih dari 100.000 orang selama 20 tahun. Piramida Giza tak akan berhasil dibangun jika tidak ada seseorang tanpa memedulikan apa sebutan untuk manajer ketika itu yang merencanakan apa yang harus dilakukan, mengorganisir manusia serta bahan bakunya, memimpin dan mengarahkan para pekerja, dan menegakkan pengendalian tertentu guna menjamin bahwa segala sesuatunya dikerjakan sesuai rencana.

Fungsi dan Proses Manajemen

              Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan. Sedangkan  Proses manajemen adalah daur beberapa gugusan kegiatan dasar yang berhubungan secara integral, yang dilaksanakan di dalam manajemen secara umum. Proses manajemen diantaranya: 

1. Proses perencanaan
2. Proses pengorganisasian
3. Proses pelaksanaan
4. Proses pengendalian

Ciri-Ciri Manajer Professional dan Keterampilan Manajemen Yang di Butuhkan

Berkaitan dengan Hubungan antar Pribadi
a. Pemimpin Lambang (Figurehead)
b. Pemimpin (Leader)
c. Penghubung (Liaison)

Berkaitan dengan Informasi
a. Pemantau (Monitor)
b. Penyebar (Dissiminator)
c. Jurubicara (Spokesperson)

Berkaitan dengan Pengambilan Keputusan
a. Wirausaha (Entrepreneur)
b. Pengendali Gangguan (Disturbance Handler)
c. Pengalokasi Sumber Daya (Resource Allocator)
d. Perunding (Negotiator)

Organisasi

              Organisasi adalah suatu proses perencanaan yang meliputi penyusunan, pengembangan, dan pemeliharaan suatu  struktur atau pola hubunngan kerja dari orang-orang dalam suatu kerja kelompok.

Pentingnya Mengenal Organisasi

              Kita selalu berkaitan dengan organisasi, tim olah raga dan organisasi sosial, kelompok keagaamaan, bahkan kelompok binatang pun ada, seperti lebah,  semut, rayap.
              Perusahaan  kecil, fungsi pengorganisasian sederhana, misal : took kelontong, manajer-pemilik toko mempekerjakan beberapa orang ; melayani pembeli, membersihkan, mengatur barang, serta menjaga toko.

Bentuk-Bentuk Organisasi

Organisasi Lini
Garis wewenang yang menghubungkan langsung secara vertical antara atasan dan bawahan.

Organisasi Fungsional
Wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada kepala bagian yang mempunyai jabatan fungsional untuk dikerjakan para pelaksana yang  mempunyai keahlian khusus.

Organisasi Garis dan Staff
Pelimpahan wewenang secara vertikal dari pimpinan ke kepala bagian dibawahnya serta masing-masing pejabat, manajer ditempatkan satu atau pejabat staff yang tidak mempunyai wewenang memerintah tetapi hanya sebagai penasihat, misal : kearsipan, keuangan, personel.

Organisasi Fungsional dan Garis
Wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada kepala bagian dibawahnya yang mempunyai keahlian tertentu serta sebagian dilimpahkan kepada pejabat fungsional yang koordinasinya tetap diserahkan kepada kepala bagian.

Organisasi Matrik
Disebut juga sebagai Organisasi Manajemen Proyek yaitu penggunaan struktur organisasi menunjukkan di mana para spesialis yang  punya ketrampilan di masing-masing bagian dari kegiatan perusahaan dikumpulkan lagi menjadi satu untuk mengerjakan proyek yang harus diselesaikan.

Organisasi Komite
Tugas kepemimpinan dan tugas tertentu dilaksanakan secara kolektif oleh kelompok pejabat, yang berupa komite atau dewan atau board dengan plurastic manajemen.

Prinsip-Prinsip Organisasi

              Berkaitan dengan pembentukan atau penyusunan suatu organisasi, maka perlu diperhatikan beberapa prinsip-prinsip atau asas organisasi. Diantaranya adalah:
1. Perumusan Tujuan yang Jelas.
2. Pembagian kerja.
3. Delegasi kekuasaan.   
4. Rentang kekuasaan.
5. Tingkat pengawasan.
6. Kesatuan perintah dan tanggung jawab.
7. Koordinasi.


Sumber:
http://organisasi.org/macam-jenis-peranan-manajemen-peran-manajer-dalam-organisasi-perusahaan-ekonomi-manajemen
http://id.wikipedia.org/wiki/Proses_Manajemen
http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen
http://ocw.gunadarma.ac.id/course/economics/management-s1/pengantar-bisnis/manajemen-dan-organisasi
http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi
http://belajarmanagement.wordpress.com/2010/02/25/prinsip-prinsip-organisasi/

No comments:

Post a Comment