Friday, October 3, 2014

Paragraf Induktif & Deduktif

Paragraf Induktif

Paragraf induktif adalah paragraf yang berpola dari khusus ke umum, artinya paragraf yang diawali dengan beberapa kalimat penjelas kemudian ditarik kesimpulan yang berupa umum. Sehingga kalimat utamanya terdapat di akhir paragraf.
Ciri-ciri paragraf induktif:
1. Pada awal kalimat berisikan kalimat khusus baru ke kalimat umumnya.
2. Menarik kesimpulan berdasarkan kejadian khusus.
3. Kalimat kesimpulan berada diakhir paragraf.

Contoh:
Sederet properti terpajang di panggung. Sepasang kursi demang, tenda, dan gapura dengan tongkat-tongkat ramping, juga lampu-lampu yang tak menyorot secara datar seperti dalam pertunjukkan ketoprak. Dekorasi panggung itu lebih lumrah untuk pentas modern daripada ketoprak.

Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif adalah paragraf yang berpola dari umum kekhusus, artinya paragraf yang diawali dengan kalimat yang umum lalu selanjutnya dilanjutkan dengan kalimat-kalimat penjelas yang menjelaskan kalimat umum yang ada di awal. Sehingga kalimat utamanya terdapat di awal paragraf.
Ciri-ciri paragraf deduktif:
1. Kalimat utamanya berada diawal paragraf.
2. Kalimat penjelasnya berada diakhir paragraf setelah kalimat utamanya disebutkan.

Contoh:
Handphone terbaru yang dirilis bulan ini banyak sekali peminatnya. Baik dari kalangan yang muda sampai dengan yang tua. Handphonde dengan berat 145 gram ini mempunyai berbagai fitur-fitur terbaru yang sangat modern. Walaupun harganya cukup mahal tetapi handphone Samsung Galaxy s5 ini slalu menarik perhatian masyarakat saat ini.

No comments:

Post a Comment