Friday, October 3, 2014

Analisis Artikel



Dari potongan artikel mengenai pendidikan seperti di atas, saya akan menganalisis ejaan, tanda baca, dan lain sebagai nya. Di antaranya adalah sebagai berikut :
  • Menuju
Kata menuju dapat di eja menjadi Me-nu-ju. Kata menuju berasal dari kata tuju. Namun kata tersebut mendapatkan imbuhan Me- di awal, sehingga Me + tuju = Menuju. Huruf T dari kata tuju menjadi luruh.
  • Memperjuangkan
Kata  memperjuangkan dapat di eja menjadi Mem-per-juang-kan. Kata memperjuangkan berasal dari kata juang. Namun kata tersebut mengalami konfiks apitan mem-per-kan. Konfiks apitan adalah kata dasar yang di apit awalan dan akhiran. Sehingga Mem + per + juang + kan = Memperjuangkan.
  • Terkecil
Kata terkecil dapat di eja menjadi Ter-ke-cil. Kata terkecil berasal dari kata kecil. Namun kata tersebut mendapatkan imbuhan Ter- di awal, sehingga Ter + kecil = Terkecil
  • Terbesar
Kata terbesar dapat di eja menjadi Ter-be-sar. Kata terbesar berasal dari kata besar. Namun kata tersebut mendapatkan imbuhan ter- di awal, sehingga Ter + besar = Terbesar.
  • Dilewati
Kata dilewati dapat di eja menjadi Di-le-wa-ti. Kata dilewati berasal dari kata lewat. Namun kata tersebut mendapat imbuhan Di- di awal dan imbuhan i- di akhir, sehingga Di + lewat + i = Dilewati.
  • Mengejar
Kata mengejar dapat di eja menjadi Me-nge-jar. Kata mengejar berasal dari kata kejar. Namun kata tersebut mendapatkan imbukan Me- di awal, sehingga Me + kejar = Mengejar. Karena apabila imbuhan Me- di awal kata bertemu dengan huruf K maka K tersebut berubah menjadi " ng ".
  • Ditargetkan
Kata ditargetkan dapat di eja menjadi Di-tar-get-kan. Kata ditargetkan berasal dari kata target. Namun kata tersebut mendapatkan imbuhan Di- di awal kata dan imbuhan Kan- di akhir kata, sehingga Di + target + kan = Ditargetkan.
  • Kehidupannya
Kata kehidupannya dapat di eja menjadi Ke-hi-dup-an-nya. Kata kehidupannya berasal dari kata hidup. Namun kata tersebut mendapatkan imbuhan Ke- di awal kata dan mendapatkan imbuhan An- di akhir kata, sehingga menjadi " Kehidupan ". Lalu ditambahkan lagi kata Nya- pada akhir kata, sehingga Ke + hidup + an + nya = Kehidupannya.
  • Sehingga
Kata sehingga dapat di eja menjadi Se-hing-ga. Kata sehingga berasal dari kata hingga. Namun kata tersebut mendapatkan  imbuhan Se- di awal kata,sehingga Se + hingga = Sehingga
Kata diwujudkan dapat di eja menjadi Di-wu-jud-kan. Kata  diwujudkan berasal dari kata wujud. Namun kata tersebut mendapatkan imbuhan Di- di awal kata dan mendapatkan imbuhan Kan- di akhir kata, sehingga Di + wujud + kan = Diwujudkan.
  • Berpendidikan
 Kata berpendidikan dapat di eja menjadi Ber-pen-di-di-kan. Kata berpendidikan berasal dari kata pendidikan. Namun kata tersebut mendapatkan imbuhan Ber- di awal kata, sehingga  Ber + pendidikan = Berpendidikan.
  •  Perjalanan
Kata perjalanan dapat di eja menjadi Per-ja-la-nan. Kata perjalanan berasal dari kata jalan. Namun kata tersebut mendapatkan imbuhan Per- di awal kata dan mendapatkan imbuhan An- di akhir kata, sehingga Per + jalan + an = Perjalanan.
  • Perbandingan
Kata perbandingan dapat di eja menjadi Per-ban-ding-an. Kata perbandingan berasal dari kata banding. Namun kata tersebut mendapat imbuhan Per- di awal kata dan mendapatkan imbuhan An- di akhir kata, sehingga Per + banding + an = Perbandingan.
  • Mengecap
Kata mengecap dapat di eja menjadi Me-nge-cap. Kata mengecap berasal dari kata cap. Namun kata tersebut mendapat imbuhan Me- di awal kata, sehingga Me + cap = Mengecap. Karena apabila sebuah kata mendapat imbuhan Me- di awal kata dan kata dasar tersebut terdiri dari satu suku kata maka ditambahkan kata " nge ".
  • Kesuksesan
Kata kesuksesan dapat di eja menjadi Ke-suk-ses-an. Kata kesuksesan berasal dari kata sukses. Namun kata tersebut mendapatkan imbuhan Ke- di awal kata dan mendapatkan imbuhan An- di akhir kata, sehingga Ke + sukses + an = Kesuksesan.
  • Mengembangkan
 Kata mengembangkan dapat di eja menjadi Me-ngem-bang-kan. Kata mengembangkan berasal dari kata kembang. Namun kata tersebut mendapatkan imbuhan Me- di awal kata dan mendapatkan imbuhan An- di akhir kata, sehingga Me + kembang + an = mengembangkan. Karena apabila imbuhan Me- di awal kata bertemu dengan huruf K maka huruf tersebut berubah menjadi " ng ".

Dari potongan artikel di atas menggunakan beberapa tanda baca, diantaranya adalah :
  1. Titik ( untuk mengakhiri kalimat, biasanya terletak di akhir kalimat )
  2. Koma (  untuk memisahkan kalimat setara, biasanya terletak di tengah suatu kalimat )
Dan dari potongan artikel di atas menggunakan juga  huruf kapital sesuai pada letaknya dengan benar. Contohnya :
  1. Pada awal kalimat huruf awal nya menggunakan huruf kapital.


Sumber artikel :
http://www.meteorika.com/2012/11/contoh-artikel-pendidikan.html

No comments:

Post a Comment