Langkah umum yang dilakukan oleh
perusahaan-perusahaan dalam menghasilkan revenue, sudah tentu dengan cara
beriklan. Sesuai perkembangan jaman, saat ini internet memegang peranan penting
dalam pembentukan opini masyarakat, dikarenakan lebih banyak segmen market saat
ini yang menggunakan internet.
Iklan memiliki dua fungsi yaitu iklan sebagai fungsi
informasi dan iklan sebagai fungsi persuasif. Iklan dalam fungsi informasi
adalah menjelaskan suatu hal tentang produk atau servis dengan juga menjelaskan
keadaan dan fitur yang tersedia dalam produk atau servis tersebut. Iklan dalam fungsi persuasif artinya adalah
iklan berperan membujuk orang atau target konsumen agar membeli produk atau
jasa yang diiklankan.
Harapan dari semua perusahaan ketika beriklan adalah
mampu membuat masyarakat sebagai konsumen untuk melakukan pembelian atau transaksi
dengan produk dan jasanya. Hal yang merugikan dalam kegiatan promosi iklan ini
di mana iklan ternyata tidak efektif dan tidak mampu menciptakan keinginan
pembelian oleh konsumen, sehingga biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan
ternyata terbuang sia-sia. untuk menghindari kerugian ketika beriklan, tak
jarang perusahaan melakukan trik komunikasi ketika beriklan. trik komunikasi
yang dilakukan menyangkut istilah yang biasanya digunakan oleh banyak praktisi
komunikkasi pemasaran dan kehumasan yaitu “Tell the truth but not all the
truth” sehingga bahasa yang digunakan sangat menarik bagi konsumen, tapi
ternyata ketika diaplikasikan, malahan banyak syarat dan ketentuan yang harus
konsumen tanggung untuk mendapatkan benefit atau promosi yang ditawarkan dalam
iklan tersebut.
hal-hal yang tidak etis dilakukan dalam kegiatan
periklanan adalah: pertama adalah membohongi di mana satu iklan mengatakan
sesuatu yang tidak benar dengan sengaja, lalu kedua adalah menyesatkan atau
menjerumuskan konsumen dalam promo yang tidak benar dan terlalu banyak
persyaratan dan kondisi khusus, ketiga adalah menipu publik dengan mengatakan
yang tidak benar tentang produk atau jasa yaitu dengan mengada-adakan promosi
yang ternyata tidak ada.
beberapa manipulasi yang dilakukan oleh perusahaan
dalam beriklan diantaranya yang umum adalah:
1. Menutupi kelemahan produk
2. Melebih-lebihkan kemampuan produk
3. Memanipulasi perasaan (aspek psikologis) konsumen
4. Tidak menyampaikan informasi yang benar
5. Mengecoh konsumen dengan meniru fitur produk lain
dengan tujuan menarik konsumen produk yang ditiru
Sumber:
http://spidolbekas.wordpress.com/2012/10/28/promosi-dan-pemasaran-yang-beretika/
Sumber:
http://spidolbekas.wordpress.com/2012/10/28/promosi-dan-pemasaran-yang-beretika/
No comments:
Post a Comment