Organisasi bisnis yaitu suatu organisasi yang
melakukan aktivitas ekonomi dan bertujuan untuk menghasilkan keuntungan
(profit). Contoh organisasi bisnis adalah radio. Radio disebut organisasi
bisnis karena tujuan ekonominya adalah menghasilkan keuntungan melalui kegiatan
penyampaian informasi dan hiburan kepada masyarakat.
Agar
bisnis dapat berjalan dengan sukses maka perlu diorganisasikan. Dalam
mengorganisasi suatu bisnis tentunya harus memperhatikan unsur-unsur bisnis
yang ada. Unsur bisnis yang perlu mendapat perhatian pengusaha yaitu lingkungan
bisnis. Lingkungan sangat besar pengaruhnya kepada efisiensi dari operasional
perusahaan dan kemampuannya untuk memperoleh keuntungan, Untuk itu setiap
pemilik dan pemimpin usaha harus dapat memahami keadaan lingkungannya dan
dampak lingkungan tersebut terhadap usahanya.
Secara
garis besar lingkungan bisnis dapat dibedakan menjadi; lingkungan pasar (market
environment), dan lingkungan bukan pasar (nonmarket environment). Yang termasuk
dalam lingkungan pasar adalah unsur-unsur dalam sistem pasar yang berpengaruh
terhadap kegiatan suatu perusahaan, yang meliputi;
1. Langganan
2. Perusahaan yang menyediakan bahan mentah
3. Para pekerja dalam perusahaan
4. Perusahaan lain pesaing maupun bukan pesaing
Sedangkan lingkungan bukan pasar meliputi beberapa
faktor yang mempengaruhi kegiatan perusahaan dalam perekonomian. Unsur-unsurnya
antara lain;
1. Kegiatan ekonomi pada keseluruhannya
2. Peraturan dan Undang-undang negara dan
pelaksanaannya
3. Kestabilan pemerintah/politik dan kebijakan
pemerintah
4. Faktor sosial dan budaya dalam masyarakat
5. Organisasi perburuhan dan masyarakat lain
6. Situasi dan perkembangan ekonomi global
Mengelola Organisasi Bisnis
Untuk mengelola organisasi bisnis
diperlukan pengelolaan atau manajemen serta orang yang bertanggung jawab yang
disebut manajer. Kegiatan yang ada dalam organisasi atau perusahaan antara lain
meliputi kegiatan pemasaran, produksi, personalia, keuangan dan administrasi
keuangan. Orang yang bertanggung jawab dalam kegiatan tersebut disebut manajer.
Semua manajer memiliki tanggung jawab yang sama baik organisasi formal maupun
informal. Proses manajemen dilakukan secara bersama-sama oleh manajemen bawah
(supervisor) manajemen menengah (middle management) dan manajemen puncak (top
management).
Manajemen
bawah bertanggung jawab untuk operasi unit tertentu, tugas pokok mereka berada
pada proses pengawasan, perencanaan dan pengorganisasian. Manajemen menengah
berkaitan dengan tugas-tugas integrasi serta melakukan proses perencanaan,
pengorganisasian, dan pengawasan. Manajemen puncak memiliki lebih banyak
tanggungjawab pada proses perencanaan dan pengorganisasian serta melakukan
sedikit pengawasan. Contoh dari proses manajemen ini misalnya para manajer
dapat menentukan gaya kepemimpinan atau mempengaruhi sikap karyawan tentang
pekerjaan mereka.
Belajar Berorganisasi Bisnis
Seringkali kita membicarakan tentang organisasi dalam kehidupan
sehari-hari, baik organisasi formal maupun non formal. Ada tiga alasan yang
mendasari kita mempelajari organisasi, antara lain:
1. Hidup di masa kini. Organisasi memberikan kontribusi
pada standar kehidupan manusia. Dalam usaha kita sehari-hari seperti bekerja,
berkomunikasi, hiburan atau pengobatan pasti membutuhkan bantuan organisasi.
2. Membangun masa depan. Organisasi membangun masa
depan yang lebih baik dan membantu individu melakukan hal yang sama. Organisasi
juga mempunyai dampak positif dan negatif terhadap masa depan lingkungan alam.
3. Mengingat masa lalu. Organisasi dapat membantu
menghubungkan manusia dengan masa lalunya. Maksudnya bahwa seringkali kita
mengidentifikasikan diri kita dengan organisasi dimana kita menjadi anggotanya,
seperti kelompok politik atau bisnis.
Sumber:
http://www.ut.ac.id/html/suplemen/ekma4111/organisasi_bisnis.htm
No comments:
Post a Comment